Thursday, December 1, 2011

COOLING DEVICE

by Three31  |  in Definisi at  10:27 AM

Bearings
Dapat ditemukan dikebanyakan bendA berputar yang dilengkapi dengan se­buah poros. Bertugas untuk mernperkecil gesekan antara poros dan sumbu putar. Pada fan, mengurangi gesekan pada dinamo fan. Ada berbagai macam metode bearing, antara lain sliding bearings (bushings), sleeve bearings, ball bearings, fluid/gas bearings, dan magnetic bearings.

Fin
'Sirip" pada heatsink, yang ditujukan untuk mempercepat proses pelepasan panas. Teorinya, makin tipis dan sema­kin banyak jumlah fin, akan memper­cepat proses pelepasan panas. Selain dari faktor fan yang digunakan.
Hestpipe
Memungkinkan perpindahan panas melalui sebuah tube/pipa yang tertutup rapat. Biasanya, di dalam pipa ini juga dilengkapi dengan cairan, yang lebih mengoptimalkan tingkat pendinginan. Mekanisme penghantar panas yang terbilang efisien penggunaannya pada PC. Terlebih dikarenakan mekanisme ini memungkinkan menekan tingkat kebisingan dari putaran fan. Solusi heat-pipe mulai banyak ditemukan, baik pada cooling device untuk processor/CPU maupun untuk video card.
Hestsfink
Heatsink adalah sebuah objek yang ditempelkan pada komponen, dengan tujuan melepaskan panas yang dihasil­ken komponen yang bersangkutan. Perpindahan panas dapat melalui proses konduksi, konveksi ataupun radiasi. Pada komponen PC, biasanya digunakan heatsink alumunium.

Sumber : Majalah PC Media

Proudly Powered by Blogger.