Thursday, December 1, 2011

HARDDISK

by Three31  |  in Definisi at  10:28 AM

Access Time
Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut.


ATA
Merupakan standar kecepatan transfer data dari perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7,Ultra-DMA/133, UDMA 6, dan lain-lain. Untuk menca­painya, dibutuhkan controller harddisk yang sudah mendukung, juga control­ler bus pada sisi PC (lebih tepatnya pada motherboard) Sedangkan dalam
pengembangan selanjutnya adalah ATA­8 atau ATA/ATAPI-8.
EIDE
EIDE (Enhanced Integrated Drive Elec­tronics), juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology At­tachment Packet Interface), adalah istilah pada zaman PC IBM AT.
NCO
NCQ (Native Command Queuing), merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk itu sendiri.
Perpendicular Recording
Proses perekaman data di dalam harddisk dengan memosisikan arch magnetisme di permukaan platter secara vertikal, dibanding dengan cara konvensional yakni secara horisontal. Dengan ini, ruang platter untuk menyimpan data makin kecil, den menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung. Bahkan hingga sepuluh kali lipatnya.
ROHS
RoHS (Restriction of Hazardous Substanc­es). sebuah standar yang lebih dikenal di daratan Eropa, untuk batasan jumlah maksimal dalam satuan ppm bagi enam materi yang dianggap berbahaya bagi lingkungan. Yaitu, Lead, Mercury, Cad­mium, Chromium VI, PBB, dan PDBE.
Spindle
Dalam harddisk, hal ini mengarah pada poros, tiang dari piringan tempat menampung data (platter).

Sumber : Majalah PC Media

Proudly Powered by Blogger.