Thursday, December 1, 2011

VIDEO CARD

by Three31  |  in Definisi at  10:30 AM

API (Application Programming Interface)
Sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengem­bang software untuk mendesain games atau aplikasi. Dengan adanya standar API ini, Pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar­kan arsitektur hardware tertentu. Intinya, API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer) dengan hardware.


Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz).
Direct3D
Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX. API ini digunakan untuk mengon­trol rendering grafis 3D.
D-Sub
Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan meng­gunakan koneksi 15 pin. Port ini masih berbasiskan data analog.
DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari ke analog, dan kembali ke digital lagi.
GPU
Graphic Processing Unit adalah processing yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar
Memory Clock
Sama, seperti pada core clock, ia menun­jukkan kecepatan kerja untuk chip memory,
OpenGL
Sebuah 3D API yang didesain oleh badan standar independen. OpenGL bisa dikembangkan untuk digunakan untuk digunakan pada model hardware apapun
PCI Express
Interface yang digunakan untuk hardware kecepatan tinggi seperti video card.

Proudly Powered by Blogger.